10 Catatan Penting Bagi Anda yang Mudik dengan Kendaraan

10 Catatan Penting Bagi Anda yang Mudik dengan Kendaraan
Promo Shopee Terbaru

Anda berencana mudik dengan kendaraan? Coba memeriksa 10 hal yang mesti diperhatikan demi tiba di kampung halaman dengan selamat!

1. Cek Kondisi Kendaraan

Entah itu Anda menggunakan mobil atau motor, sebaiknya kamu dari sekarang memeriksakan kendaraan ke bengkel terdekat.

Bagi pengendara mobil, periksakan mesin, rem, oli, air bag, dan roda. Sedangkan, untuk pemotor, pastikan mesin, rem, dan ban motor dalam kondisi baik.

2. Pilih Oli Mesin Terbaik

Oli mesin menjadi bagian penting dari kendaraan sebelum Anda melakukan perjalanan panjang. Komponen penting ini berfungsi mengurangi gesekan pada mesin. Hal ini juga menekan penggunaan bahan bakar, sehingga kamu dapat menghemat pengeluaran selama mudik.

Yang pasti, kamu harus memilih oli terbaik bagi motor atau mobil demi memberikan perlindungan ekstra terhadap mesin supaya perjalanan kamu lancar di tempat tujuan.

3. Sesuaikan Penumpang, Jangan Melebihi Kapasitas

Memang sih godaan terberat saat membawa kendaraan sendiri adalah membawa barang atau orang semaksimal mungkin demi memberikan kebahagiakan orang-orang di kampung. Tapi, ingat keselamatan dan kenyaman selama mudik itu menjadi kunci utama.

Sebaiknya, hindari hal-hal yang mengundang risiko kecelakaan. Misalnya saja, bila kamu pulang kampung dengan mobil berkapasitas 7-8 orang, hindari untuk membawa 10 orang. Hal ini berbahaya untuk keselamatan kamu, keluarga dan juga pengguna jalan lainnya.

4. Bawa Uang Tunai Secukupnya

Membawa uang tunai berlebihan itu membuat Anda agak boros. Bisa jadi, pengeluaran yang seharusnya tidak sesuai anggarannya. Memang sih tidak selalu ada mesin ATM atau pembayaran dengan kartu kredit atau debit, tapi ingat tetap lakukan perhitungan selama perjalanan.

5. Bawa Persediaan Bahan Makanan yang Cukup

Macet kerap terjadi saat mudik, seperti di dalam tol, jalanan panjang, atau jalanan kecil yang menjadi jalur mudik. Nah, selama perjalanan penting pula membawa persediaan makanan dan minuman yang cukup.

6. Packing Praktis

Selain pilih pakaian yang sesuai dengan kebutuhan dan cuaca, kemaslah pakaian dengan cara praktis untuk menghemat ruang. Misalnya saja, lebih baik menggulung pakaian daripada melipatnya.

Ketika membawa kabel dan charger, taruhlah di tempat kacamata. Tidak lupa membawa peralatan mandi dan obat-obatan pribadi dalam kemasan antibocor agar tidak merusak pakaian kamu. Nah, ingat ya pilih koper dan perlengkapan bepergian yang berkualitas.

7. Aktifkan GPS atau Bawa Peta

Mencari jalan alternatif untuk menghindari macet ini menjadi suatu keharusan selama mudik. Oleh karena itu, aplikasi GPS atau peta ini menjadi hal penting. Sehingga, pastikan baterai di ponsel kamu itu penuh atau membawa powerbank untuk cadangan ponsel.

8. Patuhi Lalu Lintas

Utamakan keselamatan selama berlalu lintas dalam perjalanan mudik. Tidak perlu mengebut atau selap-selip kiri-kanan, terobos rambu lalu lintas, yang nantinya bisa berujung kecelakaan di jalan yang merugikan keselamatan Anda dan keluarga. Berkendaralah dengan kecepatan normal.

9. Ketika Lelah Harus Istirahat

Hindari menyetir tanpa istirahat agar sampai di kampung halaman lebih cepat. Tubuh itu butuh istirahat. Karena itu, ambillah waktu beristirahat di tempat peristirahatan agar tubuh kembali fit. Untuk menyegarkan kembali, kamu bisa mencuci muka sebelum perjalanan kembali.

10. Wajib Pakai Helm Selama Perjalanan

Bagi pengendara motor, pastikan kamu mengenakan helm demi menjaga keselamatan selama di perjalanan. Apalagi, pemotor itu memiliki risiko tinggi mengalami kecelakaan. Pilihlah helm yang berstandar SNI dan selalu menyalakan lampu motor.

Related posts