5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Menyebabkan Nyeri Punggung

5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Menyebabkan Nyeri Punggung
Promo Shopee Terbaru

Nyeri Punggung sering disebabkan oleh kebiasaan buruk sehari-hari. Kebiasaan buruk tersebut bisa menimbulkan stres dan membebani otot persendian.

Bagi Anda yang sedang berjuang untuk sembuh dari masalah nyeri punggung ini, ataupun yang ingin mencegah munculnya nyeri punggung, ada baiknya kamu menghindari beberapa kebiasaan buruk ini.

1. Mengangkat Beban Berat Dengan Posisi yang Salah

Seringkali nyeri pada punggung terjadi akibat kesalahan posisi tubuh pada saat mengangkat beban berat.

Cara yang benar pada saat mengangkat benda berat adalah dengan menekuk lutut kemudian angkat beban dengan menggunakan kekuatan kaki.

2. Terlalu Lama Menyetir Mobil

Bagi Anda yang sering menyetir mobil dalam waktu lama, akan rentan mengalami masalah nyeri punggung.

Salah satu penyebabnya adalah posisi duduk yang buruk. Duduklah dalam posisi 90 derajat dan usahakan posisi duduk dekat dengan kemudi.

3. Duduk Dalam Waktu yang Lama Saat Bekerja

Bagi kebanyakan pekerja kantoran, rutinitas sehari-hari yang mereka jalani adalah duduk berjam-jam dibalik meja kerja. Kebiasaan seperti ini ternyata bisa menyebabkan timbulnya nyeri punggung. Untuk mengatasinya, luangkan waktu untuk melakukan peregangan pada otot-otot agar tidak kaku dan melemah.

4. Membawa Tas yang Berat

Membawa tas berat, apalagi hanya pada satu sisi bahu saja bisa menyebabkan timbulnya nyeri pada punggung. Kebiasaan tersebut membuat tubuh menjadi tidak seimbang, tulang punggung pun menjadi tidak seimbang juga. Beralihlah menggunakan tas yang lebih ringan untuk meminimalisir cedera pada punggung.

5. Tidur di Kasur yang Tidak Layak Pakai

Kasur yang baik, sebaiknya memiliki usia tidak lebih dari delapan hingga sepuluh tahun. Bila Anda belum mengganti kasur selama lebih dari 10 tahun maka dampak yang mungkin terjadi adalah timbulnya masalah pada punggung.

Maka dari itu segeralah mengganti kasur lama dengan yang baru agar punggung tetap nyaman pada saat Anda tidur.

Related posts