Isle of Demons: Pulau Hantu yang Menggugah Imajinasi

Promo Shopee Terbaru

Isle of Demons, atau “Pulau Iblis” dalam terjemahan bahasa Indonesia, adalah pulau misterius yang hingga kini masih membuka banyak tanya. Dikenal melalui legenda dan cerita rakyat pada abad ke-16, pulau ini dikabarkan berada di lepas pantai Newfoundland dan Labrador, Kanada.

Namun, tak ada yang bisa memastikan lokasi pasti dari pulau ini, dan beberapa bahkan meragukan keberadaannya sama sekali.

Sejarah Isle of Demons

Cerita Pulau Iblis mencapai puncak ketenarannya pada tahun 1542, ketika petualangan Marguerite de la Rocque, seorang bangsawan Perancis, diceritakan. Menurut legenda, de la Rocque melakukan perjalanan ke Newfoundland bersama pamannya, Jean-Fran├žois de la Rocque de Roberval, seorang gubernur Perancis di wilayah tersebut.

Selama perjalanan tersebut, Marguerite terlibat dalam suatu skandal, yang berujung pada hukuman diasingkan ke Isle of Demons. Diceritakan bahwa Marguerite bertahan hidup di pulau itu selama beberapa tahun, ditemani oleh seorang pelayan yang setia dan, dalam beberapa versi cerita, seorang pria muda yang juga ditinggalkan di pulau itu.

Read More

Pulau tersebut dilaporkan dihantui oleh binatang buas dan roh-roh jahat, dari mana pulau itu mendapat namanya, “Pulau Iblis”. Cerita Marguerite bertahan hidup melawan unsur-unsur alam dan entitas supernatural ini menjadi bahan kisah yang menarik dan sering kali diceritakan dalam legenda dan literatur abad ke-16 dan ke-17.

Sekarang, meskipun tak ada yang bisa menunjukkan lokasi pasti Pulau Iblis, legenda tersebut tetap menjadi bagian penting dari sejarah dan folklore Newfoundland dan Labrador, dan menginspirasi berbagai karya sastra dan seni.

Mitos dan Legenda Pulau Iblis

Mitos dan Legenda Pulau Iblis
Foto: Twitter/Sarah Nour

Meski dikenal dalam folklore dan literatur, Isle of Demons selalu dihantui oleh aura misteri. Pulau ini tidak pernah ditandai dengan tepat pada peta manapun, dan beberapa orang bahkan meragukan keberadaannya.

Ada yang berpendapat bahwa Pulau Iblis mungkin hanyalah sebuah pengaruh imajinasi, mungkin diperkuat oleh kesalahpahaman atau terjemahan yang salah dari nama tempat asli.

Namun, banyak orang lain yang percaya bahwa Pulau Iblis memang ada, mungkin sebagai pulau kecil yang tak berpenghuni dan tak dikenal di sekitar Newfoundland dan Labrador. Beberapa teori lainnya mengusulkan bahwa pulau ini mungkin adalah salah satu dari banyak pulau yang sekarang tenggelam atau ditinggalkan di sepanjang pesisir timur Kanada.

Selain itu, misteri tentang kehidupan Marguerite de la Rocque di pulau ini juga banyak diperdebatkan. Beberapa versi cerita mengklaim bahwa ia berhasil bertahan hidup dan akhirnya diselamatkan, sementara versi lainnya mengatakan bahwa ia mati di pulau tersebut, ditemani oleh roh-roh jahat yang memberi pulau itu namanya.

Perkiraan Lokasi Isle of Demons

Lokasi pasti Pulau Iblis masih menjadi misteri hingga hari ini. Berdasarkan berbagai cerita dan legenda, pulau ini diperkirakan berada di lepas pantai Newfoundland dan Labrador, di Kanada timur. Namun, tak ada peta atau dokumentasi yang bisa memberikan lokasi pasti dari pulau ini.

Hal ini membuka banyak spekulasi. Beberapa orang berpendapat bahwa Pulau Iblis mungkin adalah salah satu dari banyak pulau tak berpenghuni atau tak dikenal di sekitar Newfoundland dan Labrador. Beberapa teori lainnya menunjukkan bahwa pulau itu mungkin telah tenggelam atau dihapuskan oleh waktu dan perubahan iklim.

Misteri lokasi Pulau Iblis tetap menjadi bagian penting dari cerita dan legenda tersebut, memicu daya tarik dan keingintahuan yang terus berlanjut hingga hari ini.

Fakta tentang Pulau Iblis

Fakta tentang Pulau Iblis
Foto: Twitter/Library of Congress

Tidak ada banyak fakta konkret tentang Pulau Iblis mengingat keberadaannya sendiri masih menjadi bahan debat dan spekulasi. Namun, berikut adalah beberapa poin yang dapat kita simpulkan dari legenda dan kisah-kisah yang beredar:

  • Cerita Marguerite de la Rocque: Salah satu fakta yang paling meyakinkan tentang Isle of Demons adalah cerita Marguerite de la Rocque, seorang bangsawan Perancis yang dikatakan telah diasingkan ke pulau itu pada tahun 1542. Ceritanya telah ditulis dan diceritakan ulang dalam berbagai sumber, menunjukkan bahwa dia adalah tokoh sejarah nyata.
  • Kehidupan di Pulau: Meski cerita tentang kehidupan Marguerite di pulau itu bervariasi, beberapa elemen tetap konsisten. Dia diceritakan bertahan hidup di pulau itu selama beberapa tahun, berjuang melawan binatang buas dan roh-roh jahat.
  • Inspirasi Seni dan Sastra: Meski keberadaannya diragukan, Pulau Iblis telah menjadi inspirasi bagi berbagai karya seni dan sastra. Kisah Marguerite dan pengalaman bertahan hidupnya di pulau itu telah ditulis dan diceritakan ulang dalam berbagai bentuk.

Meski fakta tentang Isle of Demons mungkin kurang, daya tarik dan misteri yang mengelilinginya menjadikannya bagian yang menarik dan tak terhapuskan dari folklore dan sejarah maritim.

Related posts