Sentinel Utara: Pulau Terisolasi dan Misterius di Kepulauan Andaman

Sentinel Utara
Promo Shopee Terbaru

Pulau Sentinel Utara, yang terletak di perairan Samudera Hindia di Kepulauan Andaman, India, mungkin adalah salah satu pulau unik dan paling misterius yang ada di dunia.

Pulau ini terkenal sebagai rumah bagi suku Sentinel Utara, salah satu suku yang paling terisolasi di dunia, yang secara aktif menghindari dan menolak kontak dengan dunia luar.

Sejarah Pulau Sentinel Utara

Pulau ini telah dihuni oleh suku Sentinel Utara selama ribuan tahun. Suku ini telah memilih untuk menjalani kehidupan yang terisolasi dan hampir tidak ada interaksi dengan dunia luar.

Meskipun ada beberapa upaya kontak sejak zaman kolonial, hampir semua telah gagal dan sering kali berakhir dengan pertumpahan darah. Ini termasuk upaya oleh pemerintah kolonial Inggris pada abad ke-19 dan 20, dan juga upaya oleh pemerintah India pada tahun 1970-an dan 80-an.

Read More

Suku Sentinel Utara menolak kontak dengan pihak luar dan telah menunjukkan keinginan yang jelas untuk dibiarkan hidup sesuai dengan cara hidup tradisional mereka.

Peristiwa yang paling dikenal dalam sejarah pulau ini mungkin terjadi pada tahun 2006, ketika suku ini menewaskan dua nelayan yang secara tidak sengaja mendekati pulau mereka.

Kemudian, pada tahun 2018, seorang misionaris Amerika bernama John Allen Chau tewas setelah mencoba menginfiltrasi pulau ini dengan tujuan mengkristenkan suku tersebut.

Pemerintah India, yang memiliki kedaulatan atas pulau ini, sekarang melarang semua orang mendekati pulau ini dalam upaya melindungi suku Sentinel Utara dan mencegah penyebaran penyakit dari dunia luar yang dapat mempengaruhi mereka.

Misteri Pulau Sentinel Utara

Misteri Pulau Sentinel Utara
Foto: Twitter/Cerita Dunia

Pulau Sentinel Utara dikelilingi oleh aura misteri yang tebal, terutama karena penduduknya yang menolak kontak dengan dunia luar. Suku ini adalah salah satu suku terakhir di dunia yang belum tersentuh oleh peradaban modern.

Tidak ada yang tahu persis berapa banyak orang yang tinggal di pulau itu. Perkiraan berkisar antara beberapa puluh hingga beberapa ratus, tetapi jumlah pastinya tetap menjadi misteri.

Bahasa yang mereka gunakan, cara hidup mereka, dan tradisi mereka hampir sama sekali tidak diketahui, hanya beberapa pengamatan jarak jauh yang memberikan gambaran umum.

Kasus penembakan panah terhadap helikopter, pembunuhan nelayan yang tersesat dan misionaris yang mencoba menginfiltrasi pulau, semakin menambah misteri dan mitos seputar pulau ini.

Lokasi Pulau Sentinel Utara

Pulau Sentinel Utara adalah bagian dari Kepulauan Andaman, yang terletak di Samudera Hindia. Secara administratif, pulau ini berada di bawah pemerintahan India.

Pulau ini berukuran kecil, dengan luas sekitar 59,67 kilometer persegi dan panjang sekitar 7 kilometer. Pulau ini dikelilingi oleh terumbu karang yang sulit dijangkau dan dihuni oleh hutan lebat.

Meskipun pulau ini berada di wilayah India, pemerintah India telah mendeklarasikan zona larangan 5 kilometer di sekitar pulau untuk melindungi suku Sentinel Utara dari kontak luar yang dapat membahayakan mereka. Ini menjadikan pulau ini sebagai salah satu tempat paling sulit diakses dan misterius di dunia.

Fakta Menarik Tentang Pulau Sentinel Utara

Fakta Menarik Tentang Pulau Sentinel Utara
Foto: Twitter/ ꑭ ꖦ

Pulau Sentinel Utara adalah sebuah pulau yang penuh dengan misteri dan fakta menarik. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Suku Terisolasi: Suku Sentinel Utara, yang tinggal di pulau ini, adalah salah satu suku yang paling terisolasi di dunia. Mereka hampir tidak pernah berinteraksi dengan orang luar dan bahkan telah menunjukkan perilaku yang sangat agresif terhadap mereka.
  • Bahasa yang Tidak Diketahui: Bahasa yang digunakan oleh suku tersebut belum diidentifikasi atau dipahami oleh ilmuwan. Bahkan suku-suku terdekat di Kepulauan Andaman lainnya tidak mampu memahami bahasa mereka.
  • Populasi yang Tidak Diketahui: Tidak ada yang tahu pasti berapa jumlah populasi suku Sentinel Utara. Perkiraan berkisar antara 50 hingga 400 orang, tetapi tidak ada survei atau sensus yang bisa mengonfirmasi angka ini.
  • Larangan Mendekati Pulau: Pemerintah India melarang keras siapapun mendekati pulau ini dalam radius 5 kilometer untuk melindungi suku ini dan mencegah penyebaran penyakit.
  • Tanpa Teknologi Modern: Suku Sentinel Utara tampaknya hidup tanpa teknologi modern. Dari observasi jarak jauh, mereka terlihat menggunakan alat dan senjata sederhana seperti panah dan tombak.
  • Mereka Menolak Kontak: Suku ini menolak segala upaya kontak dari dunia luar dan telah menunjukkan perilaku agresif terhadap mereka yang mencoba mendekat, termasuk menembak panah ke arah pesawat dan kapal yang mencoba mendekati pulau.

Fakta-fakta ini menunjukkan betapa unik dan misteriusnya Pulau Sentinel Utara. Meskipun ada banyak hal yang belum kita ketahui tentang pulau ini dan penduduknya, penting untuk menghormati keinginan mereka untuk hidup terisolasi dan melindungi mereka dari ancaman eksternal.

Related posts