Candi Songgoriti, Mengenal Situs Bersejarah Peninggalan Zaman Majapahit di Batu

Candi Songgoriti
Promo Shopee Terbaru

Candi Songgoriti di Batu adalah situs bersejarah peninggalan zaman Majapahit, yang menawarkan kesempatan unik untuk mengenal lebih dekat kekayaan sejarah dan arsitektur kuno Indonesia.

Mungkin tempat wisata Candi Songgoriti terdengar asing bagi warga luar Jawa Timur. Candi menawan yang terletak di Kota Batu ini menyimpan cerita bersejarah yang dipercaya sebagai tempat bertemunya Ken Arok dan Ken Dedes pertama kalinya pada zaman majapahit. Disamping itu, tempat wisata ini menyediakan beragam objek wisata menarik sebagai berikut.

Daya Tarik Wisata Candi Songgoriti

1. Suasana Asri dan Sejuk

Bagi yang ingin berlibur karena merasa jenuh, sangat disarankan untuk memilih tempat wisata ini sebagai destinasi liburan. Sebab, suasana dari candi ini sangat menyenangkan. Pengunjung akan dimanjakan oleh hamparan rumput yang hijau.

Begitu anda memasuki tempat wisata ini, anda akan menjumpai rerumputan hijau dengan tanaman yang tumbuh subur.

2. Bangunan yang Unik

Selain suasana yang sejuk dan asri, daya tarik lain dari tempat wisata ini yaitu adanya bangunan unik berupa bentuk yang tidak utuh. Perlu diketahui bahwa candi ini ditemukan oleh pemerintah Hindia Belanda saat menjajah kota Malang.

Sehingga, candi ini termasuk restorasi Pemerintah Hindia Belanda. Saat pertama kali ditemukan, candi ini masih tertimbun tanah dan sudah dalam kondisi tidak utuh.

Setelah melakukan serangkaian penelitian, bangunan candi ini menjadi seperti sekarang. Bagian candi yang tidak untung atau hilang inilah merupakan dasar candi sehingga terlihat sangat kecil.

3. Pemandian Air Panas

Tidak hanya candi, hal yang tidak kalah menarik dari tempat wisata ini yaitu tempat pemandian air panasnya. Sumber mata air ini berada di bawah bangunan.

Bagi yang ingin menikmatinya, anda perlu berjalan ke bagian depan candinya terlebih dahulu. menariknya, sumber air panas ini digunakan sebagai tempat mencuci keris.

4. Pernah Diusulkan menjadi Salah Satu Keajaiban Dunia

Perlu diketahui bahwa tempat wisata di Jawa Timur ini pernah diajukan menjadi salah satu keajaiban dunia. Hal ini karena bangunan bersejarah tersebut menyimpan berbagai keunikan berupa dibangun di atas air dengan suhu panas hingga 47 derajat Celcius.

Padahal, bangunan ini hanya berjarak satu meter dan tempat ini tidak memiliki air yang begitu panas. Keunikan yang disimpan oleh candi ini membuat para raja Nusantara dan negara lainnya tertarik mengunjunginya.

Bahkan, mereka penasaran dan merasa heran akan keanehan candi ini. Disamping itu, banyak dari mereka yang melakukan terapi air panas dengan masuk ke dalam kolam pemandian.

Alamat dan Rute Mudah Menuju Lokasi

Alamat Candi Songgoriti
Foto: Twitter/Aji Hariyanto

Tidak hanya orang terkemuka di seluruh dunia yang penasaran akan keunikan destinasi liburan ini, banyak orang lokal yang berbondong-bondong ingin segera mengunjunginya, termasuk anda juga.

Sebelum itu, alamat lokasinya perlu diketahui yaitu berada di Jl. Raya Songgoriti, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

Ada berbagai rute yang bisa dipilih untuk menuju ke lokasi. Salah satunya yaitu dari Alun-alun Kota Batu. Anda bisa pergi ke Jalan Gajah Mada dan luruh hingga menemukan Jalan Trunojoyo aru.

Kemudian, lanjutkan perjalanan ke Jalan Brigjen M Manan. Jika sudah sampai, anda bisa belok ke Jalan Songgoriti dan sampai di lokasi.

Bagi yang menggunakan kendaraan umum, pilihlah angkutan hijau atau bisa juga naik BS lyn A serta B. anda perlu pergi ke Kota Malang terlebih dahulu sebelum ke Kota Batu.

Agar sampai di Kota Malang, pengunjung dapat menggunakan kendaraan umum, seperti bus atau kereta. Namun, jika masih dirasa cukup sulit untuk mengetahui rutenya, anda bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

1. Mengelilingi Candi

Akan ada berbagai kegiatan seru yang bisa anda coba selama berada disini. Salah satunya yaitu mengelilingi candi sambil menikmati pemandangan alam yang hijau dan udara sejuk.

Tentunya, kegiatan berwisata akan terasa menyenangkan dan dapat menyegarkan pikiran anda kembali. Tidak heran jika kegiatan ini ialah kegiatan utama yang sangat wajib pengunjung lakukan.

2. Terapi di dalam Air Panas

Para pengunjung juga bisa menikmati pemandian sumber air panas yang alami. Kegiatan ini sangat menyenangkan dan akan menjadi momen yang tidak terlupakan khususnya bagi yang belum mencoba berendam di air panas. Selain menyenangkan, kegiatan ini juga bermanfaat dalam menyembuhkan penyakit kulit.

3. Membeli Oleh-oleh

Lokasi candi ini berada di kawasan wisata sehingga ada berbagai objek menarik yang patut dikunjungi. Di sekitar kawasan ini, pengunjung bisa menjumpai deretan toko yang menjual souvenir serta aneka jajanan khas Kota Batu. Setelah mengunjungi candi, jangan lupa mampir dan membeli oleh-oleh.

4. Bermain Paralayang

Bagi yang gemar menguji adrenalin, pengunjung bisa mencoba bermain paralayang. Kegiatan ini membantu anda menikmati pemandangan Kota Batu yang mempesona dari sudut pandang yang berbeda atau ketinggian. Para pengunjung pun dapat menemukan berbagai destinasi wisata saat berkunjung ke candi ini.

Fasilitas yang Ditawarkan Candi Songgoriti

Fasilitas Candi Songgoriti
Foto: Twitter/Indra Dwi pratama

Pihak pengelola tempat wisata ini menyediakan berbagai fasilitas untuk menjamin kenyamanan para pengunjung. Area parkir wisata ini tersedia dengan kondisi yang luas dan nyaman sehingga pengunjung dapat memarkirkan kendaraan pribadinya dengan mudah.

Selain itu, ada area istirahat yang dapat digunakan untuk beristirahat sementara. Anda juga dapat menggunakan fasilitas berupa toilet yang bersih dan terawat di sekitarnya.

Untuk membeli oleh-oleh, anda bisa mampir di area souvenir yang menyediakan beraneka ragam oleh-oleh khas Jawa Timur. Anak-anak pun bisa bermain di area playground yang aman dan nyaman.

Itulah ulasan singkat mengenai Candi Songgoriti mulai dari hal menarik, alamat dan rute, kegiatan seru hingga fasilitas yang tersedia.

Bisa disimpulkan bahwa tempat wisata di Batu ini menyediakan hal seru yang wajib dicoba saat berlibur bersama keluarga, teman maupun orang tersayang.

Related posts