Taman Dolan, Taman Indah dengan Berbagai Permainan Tradisional yang Unik di Malang

Taman Dolan Malang
Promo Shopee Terbaru

Taman Dolan di Malang adalah taman rekreasi yang menawan, menawarkan berbagai permainan tradisional yang unik dan menyenangkan, sempurna untuk keluarga dan pecinta budaya.

Berbicara tentang tempat wisata di Malang, tentu tidak ada habisnya. Sebab, tempat ini menyediakan berbagai destinasi wisata mulai dari edukasi hingga wisata alam.

Salah satunya yaitu Taman Dolan yang menerapkan konsep alam dan edukasi yang bersuasana pedesaan tradisional. Banyak pengunjung yang berbondong-bondong ke taman ini karena memiliki hal-hal menarik.

Daya Tarik Wisata Taman Dolan

1. Berbagai Permainan Tradisional yang Unik

Salah satu hal menarik dari wisata Taman Batu Dolan yaitu adanya berbagai permainan tradisional yang kini sudah jarang ditemui dan dimainkan.

Mungkin, bagi orang tua, permainan tradisional tersebut membuatnya merasa nostalgia akan masa kecilnya. Sementara itu, anak-anak bisa menggunakannya sebagai media belajar serta hal-hal baru yang patut dicoba.

2. Nuansa Alam

Hal yang membuat taman ini berbeda dengan taman lainnya yaitu adanya nuansa alam yang dipadu dengan konsep tradisional yang kental.

Sebab, sebagian besar bangunan disini terbuat dari bahan kayu-kau tua khas rumah orang pedesaan. Selain itu, suasana semakin hidup dengan adanya sawah dan sungai yang mengalir.

3. Kolam Renang yang Segar

Tidak hanya permainan, Taman Batu Dolan juga menyediakan tiga jenis kolam yang masing-masingnya berkedalaman 30 cm, 100cm, serta 120cm.

Dengan kedalaman yang bermacam-macam itulah, pengunjung bisa berenang dengan bebas sesuai dengan umurnya, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

3. Sungai Tubing yang Deras

Selain kolam renang, anda juga dapat merasakan kesegaran air di Sungai Tubung. Anda bisa menyusuri aliran sungai di sekitar taman untuk menjernihkan pikiran.

Banyak orang yang mengunjungi lokasi ini untuk menikmati keindahan dan kesegaran Sungai Tubing. Tentunya, ada berbagai kegiatan menarik yang bisa dilakukan oleh pengunjung selama berada disini.

4. Kuliner

Perlu diketahui bahwa taman ini terkenal digunakan sebagai tempat beristirahat yang tenang dan seru. Sebab, menggunakan konsep kuliner tradisionalnya yang khas.

Tentunya, anda bisa menikmati makanan khas Malang, seperti ayam ungkep, tumpeng, dan menu makanan lainnya yang tidak kalah lezat. Sehingga, lidah anda akan puas.

Alamat dan Rute Mudah Menuju Lokasi

Alamat Taman Dolan Malang
Foto: Google Maps/Risharyanto Rizhar

Taman Batu Dolan ini berada di Jl. Raya Pandanrejo No.308, Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Batu. Adapun jaraknya dari Alun Alun Kota Batu yaitu 4 km sehingga membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit untuk sampai di lokasi dengan kendaraan. Dari alun-alun, ada beberapa tempat wisata yang akan anda temui, seperti Batu Love Garden.

Anda bisa menggunakan rute terbaik sesuai dengan lokasi berangkat melalui Google Maps. Melalui Google Maps, anda hanya tinggal memasukkan tujuan lokasi, Taman Batu Dolan. Setelah itu, ikuti petunjuk yang diberi oleh arahan Google Maps.

Tidak hanya itu, anda pun juga bisa menggunakan jasa sopir persewaan mobil yang siap mengantar anda sampai lokasi. Selain rute, anda perlu mengetahui jam buka dan tiket masuk dari tempat taman wisata alam ini.

Tidak perlu khawatir akan jam operasional karena wisata alam ini buka mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Sementara itu, biaya tiket masuk pada hari kerja yaitu Rp 10 ribu dan Rp 15 ribu di hari libur.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

1. Bermain Permainan Tradisional

Salah satu kegiatan yang wajib dilakukan selama berada di taman ini yaitu bermain permainan tradisional. Pengunjung bisa bermain dakon, egrang, dan engklek yang tersedia disini.

Sangat disarankan untuk mengajak sang buah hati agar ia kenal dengan permainan-permainan tradisional yang tidak kalah seru dengan permainan modern.

2. Outbound

Selain permainan tradisional, pengunjung juga bisa merasakan keseruan outbound bagi anak-anak maupun rombongan teman.

Permainan ini mampu meningkatkan kekompakan tim sehingga menjadi kegiatan yang tidak akan terlupakan. Dalam paket outbound ini, anda akan memperoleh wahana seru, seperti x-mission dan flying fox.

3. Berenang di Kolam Renang

Kegiatan yang patut dicoba lainnya selama berada di taman ini yaitu dengan berenang di kolam renang. Disini, anda bisa mencoba berbagai aktivitas seru, seperti berseluncur dan mencoba monkey bar. Tentunya, anak-anak semakin betah berlama-lama disini.

Adapun kolam dewasanya dilengkapi dengan kapal penangkap ikan yang bertuliskan nama wisata di lambungnya.

4. Menginap di Penginapan Bernuansa Tradisional

Bagi pengunjung luar kota, sangat disarankan untuk menginap di Homestay Taman Batu Dolan ini, karena tempat penginapannya memiliki keunikan tersendiri.

Ada berbagai tipe penginapan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, seperti bentuk rumah, model barak, dua kasur, serta tempat tidur. Model barak sangat cocok ditempati rombongan.

Fasilitas yang Ditawarkan Taman Dolan

Fasilitas Taman Dolan
Foto: Google Maps/Yudhistira Wirapraja

Selain menjamin kepuasan pengunjung akan fasilitas liburan, taman ini juga menyediakan sejumlah fasilitas untuk mendukung kenyamanan pengunjung.

Salah satunya yaitu penginapan berupa Homestay dengan konsep alam yang segar. Seperti yang diketahui bahwa taman ini menyediakan kolam renang yang bersumber dari mata air alami.

Tempat makan berupa Resto juga menyuguhkan berbagai menu tradisional khas Jawa Timur yang lezat dan memanjakan lidah, seperti ayam ingkung sebagai menu andalannya.

Tidak sampai situ, taman ini juga menyediakan persawahan yang bisa digunakan sebagai pengunjung untuk memetik selada air dan membawanya pulang.

Fasilitas lain yang tidak kalah menjamin kenyamanan para pengunjung yaitu parkir gratis. Para pengunjung tidak perlu khawatir lagi memarkirkan kendaraan pribadi.

Selain itu, pengunjung pun dapat menggunakan layanan WiFi dengan bebas sehingga tidak perlu bingung lagi akan susah sinyal.

Itulah penjelasan mengenai wisata alam Taman Dolan mulai dari daya tarik, rute dan alamat, hal menarik hingga fasilitas yang tersedia.

Bisa disimpulkan bahwa wisata alam ini menyediakan konsep liburan yang tidak tanggung-tanggung, mulai dari bermain, penjelajahan, hingga bercocok tanam.

Related posts