Curug Putri Palutungan, Mengenal Air Terjun Cantik yang Sarat Mitos di Kuningan

Curug Putri Palutungan
Promo Shopee Terbaru

Curug Putri Palutungan di Kuningan adalah air terjun eksotis yang sarat dengan mitos, menawarkan keindahan alam yang memukau dan suasana mistis yang unik.

Curug dalam bahasa sunda diartikan sebagai air terjun. Banyak destinasi wisata curug yang bisa ditemukan di Jawa Barat. Salah satu destinasi terbaiknya yaitu Curug Putri Palutungan.

Tempat wisata satu ini dianggap unik karena dipercaya menjadi kawasan hunian Lutung atau monyet. Agar tidak dibuat penasaran, berikut Adalah daya tarik dari curug putri ini

Daya Tarik Wisata Curug Putri Palutungan

1. Sejarah Penamaannya

Penamaan curug ini dibuat dengan menggunakan bahasa sunda yang bermakna air terjun putri yang dihuni monyet.

Read More

Penduduk sekitar banyak yang percaya dan meyakini bahwa tempat wisata ini pernah dihuni oleh banyak monyet itulah mengapa akhirnya diberi nama Palutungan. Penamaan ini cukup unik dan menarik sehingga membuat banyak orang merasa penasaran

2. Air Terjun Menyerupai Putri

Daya tarik yang cukup unik dari air terjun eksotis ini yaitu ketika dilihat dari kejauhan terlihat seperti seorang putri dengan gaun putih.

Untuk bisa melihat penampakan air terjun tersebut, pengunjung dapat mengambil foto air terjun secara slow motion. Dengan begitu maka akan terlihat jelas bahwa bentuk dari air terjun ini menyerupai putri dengan gaun putih

Penduduk setempat mempercayai mitos tentang sejarah keberadaan air terjun ini. Konon air terjun yang indah ini dulunya adalah tempat pemandian dewi langit.

Hal ini ditandai dengan mulai turunnya hujan namun matahari masih ada saat muncul pelangi atau katumbiri di antara pepohonan yang memberikan tanda bahwa turun dewi langit.

Baca Juga:  10 Tempat Romantis di Bali yang Memikat Hati

Memilih mandi dan berendam di air terjun ini ampuh untuk menyembuhkan penyakit dan konon juga membawa berkah untuk menenangkan pasangan.

Warga percaya bahwa wanita yang membasuh wajahnya dengan air dari air terjun maka akan terlihat jauh lebih cantik. Mitos ini bahkan masih berkembang di masyarakat termasuk wisatawan yang datang

3. Air Terjun dengan Ketinggian 20 Meter

Hal yang perlu diketahui bahwa curug ini memiliki banyak nama atau julukan. Nama yang paling sering disebutkan oleh para wisatawan yaitu curug Si Putri atau Ciputri.

Ketika berada di area ini, anda akan menyaksikan indahnya air terjun dengan ketinggian 20 Meter. Lokasi dari air terjun ini terbilang cukup menjorok ke dalam dan dikelilingi tebing tebing tinggi

Debit air terjun yang satu ini terbilang tidak deras dan di bagian depannya terdapat kolam penampung air. Kolamnya juga tidak terlalu dalam dan jika diukur hanya sebatas pinggang pada orang dewasa.

Dengan begitu maka air terjun ini bisa dimanfaatkan untuk bermain air, berenang dan berendam. Airnya sangat jernih karena berasal dari mata air gunung Permai

Alamat dan Rute Mudah Menuju Lokasi

Alamat Curug Putri Palutungan
Foto: Google Maps/Le Piaa

Alamat Curug Putri ini secara administratif bertempat di Cisantana, Kec Cigugur, Kuningan, Jawa Barat. Tempatnya sendiri berjarak sekitar 9 km atau sekitar 20 menit berkendara dari pusat kota Kuningan. Jalan menuju tempat air terjun ini tidak sulit.

Anda bisa memilih jalur Jalan Raya Cirebon-Kuningan sebelum sampai di Terminal Kuningan adalah jalan ke arah barat menuju Cigugur.

Ikuti jalan menanjak hingga sampai di desa Cisantana. Sekitar 15 menit dari kawasan Gunung Ciremai terdapat pintu masuk ke Bumi Perkemahan Palutungan.

Baca Juga:  Curug Cisomang, Menikmati Air Terjun dengan Harga Terjangkau di Pangandaran

Jika wisatawan datang dari Kota Cirebon memakai angkutan umum, maka bisa menuju Terminal Kuningan dengan angkutan umum kemudian menuju Palutungan dengan angkutan umum dari terminal, atau bisa juga naik ojek.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

1. Mandi Atau Berenang di Curug

Pesona air terjun memancarkan keindahan yang tiada habisnya. Air asli Pegunungan Ciremai yang jernih dan segar mengalir deras dan mengalir ke kolam alami di bawah air terjun. Genangan air mengalir melalui bebatuan.

Wisatawan yang mencari ketenangan bisa menemukannya di dekat air terjun. Hal yang perlu dilakukan hanya dengan berdiam diri dan menikmatinya. Suatu keharusan bagi wisatawan ketika berada di air terjun yang indah ini untuk berenang di air terjun.

Air segar berpadu dengan pemandangan indah akan memulihkan tubuh Anda. Mandi di Curug Putri juga diyakini memiliki efek yang baik dan membuat kulit wanita menjadi lebih cantik dan bercahaya. Meski hanya mitos, tidak ada salahnya dicoba.

2. Melakukan kegiatan Gathering

Pengurus memiliki fasilitas memadai untuk melaksanakan kegiatan seru dan memacu adrenalin seperti gathering dan rafting atau arung jeram.

Pengunjung yang belum berkesempatan mencoba wisata air ini bisa mencobanya di Curug Putri. Tim dan pemandu berpengalaman tentunya akan selalu siap dalam mendampingi para pengunjung yang datang

3. Berkemah

Wisata ini juga menawarkan kesempatan sempurna untuk kegiatan perkemahan. Berbagai fasilitas tersedia mulai dari tenda, matras, sleeping bag, kayu bakar tikar, bahkan snack.

Bumi Perkemahan ini menawarkan spot foto menarik seperti bunga matahari, rumah hobbit, menara bambu, langit bersayap dan sarang burung dan masih banyak lainnya

Fasilitas yang Ditawarkan Curug Putri Palutungan

Fasilitas Curug Putri Palutungan
Foto: Instagram/Gunung Ciremai

Pengelola Bumi Perkemahan Palutungan menawarkan berbagai layanan untuk memanjakan para wisatawan. Ada tempat umum berupa toilet, tempat parkir, mushola, saung atau tempat duduk.

Baca Juga:  5 Objek Wisata yang Katanya Bisa Bikin Putus Sama Pacar

Ada juga mode berbeda untuk selfie Instagram. anda bisa menemukan warung dan tempat makan untuk pengunjung yang sedang lapar.

Pengelola Curug Putri Palutungan juga menyiapkan fasilitas untuk berkemah dan menyediakan makanan ringan. Ada juga banyak game drive di Air Terjun Putri Palutungan.

Ada kelelawar buah, tempat tidur gantung, ATV, wahana dan banyak lagi. Fasilitas yang sempurna ini dapat digunakan saat mengunjungi kawasan wisata alam yang indah ini.

Waktu terbaik mengunjungi kawasan ini yaitu pada pagi hari saat cuaca tidak terlalu panas. Namun, jangan terlalu dini supaya menghindari hawa yang terlalu dingin mengingat air terjun eksotis ini berada 1000 meter di atas permukaan laut.

Nikmati suasana keindahan yang ada untuk menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga di akhir pekan.

Related posts