Generasi Z Hingga Baby Boomers Menghadapi Tantangan Kesehatan Mental: Solusi dari Para Ahli

Generasi Z Hingga Baby Boomers Menghadapi Tantangan Kesehatan Mental Solusi dari Para Ahli
Promo Shopee Terbaru

Kesehatan mental merujuk pada keseimbangan kondisi psikologis, emosional, dan sosial seseorang. Isu mengenai kesehatan jiwa semakin mendapat sorotan masyarakat belakangan ini, dengan berbagai terminologi tentang kondisi kesehatan mental kian dikenal di berbagai lapisan masyarakat. Tidak hanya generasi Z, tetapi menurut data dari World Health Organization (WHO) pada 2019, sekitar 1 dari 8 individu di seluruh dunia, dari remaja hingga orang dewasa, menghadapi isu kesehatan mental.

Pasien dengan gangguan kesehatan mental sering kali menghadapi berbagai rintangan, mulai dari stigma sosial, kurangnya informasi, hingga lingkungan yang kurang mendukung. Sehingga mereka kesulitan mendapatkan bantuan yang tepat.

Eric Ward
Foto: Unsplash/Eric Ward

Menyambut Hari Kesehatan Mental Sedunia 2023, Halodoc, sebagai platform layanan kesehatan digital, menyoroti pentingnya kesehatan mental yang setara dengan kesehatan fisik. Memelihara kesehatan mental tidak hanya esensial untuk kualitas hidup seseorang tetapi juga mendukung produktivitas, pertumbuhan, dan fungsi optimal seseorang dalam masyarakat.

Sebagaimana dikatakan oleh dr. Monica C. Dewi, Medical Manager Halodoc, “Merawat kesehatan jiwa sejajar dengan pentingnya merawat kesehatan jasmani. Terdapat tanda-tanda awal gangguan kesehatan mental yang perlu kita kenali dan tangani secepatnya. Gangguan ini bisa dialami oleh siapa saja dan dipicu oleh berbagai hal, seperti perasaan cemas atau stres berkepanjangan. Apabila gejala tersebut mulai menghambat aktivitas sehari-hari, dianjurkan untuk segera berkonsultasi dengan ahli psikologi atau psikiater untuk mendapatkan penanganan yang sesuai. Menghindari diagnosa sendiri juga penting untuk mencegah potensi bahaya.”

Halodoc, sebagai “peralatan pertolongan pertama” dalam kesehatan mental, terus berinovasi dalam memahami dan mendukung kebutuhan masyarakat. Baik melalui edukasi maupun layanan kesehatan mental, Halodoc senantiasa hadir mendampingi masyarakat, bahkan sebelum masa pandemi. Di platform Halodoc, layanan konsultasi kesehatan mental menjadi salah satu fitur yang sering diakses oleh penggunanya.

Masalah Kesehatan Mental yang Dihadapi Berbagai Kelompok Usia

1. Remaja

Biasanya menghadapi stres dan kecemasan berlebihan akibat pola asuh orang tua yang ketat atau pengalaman menjadi korban bullying.

2. Dewasa Muda

Tendensi mengalami depresi, kecemasan, serangan panik, dan kesulitan tidur. Wanita cenderung lebih rentan menghadapi hal ini, sering kali disebabkan oleh masalah karir dan keuangan.

3. Orang Tua

Resiko mengalami depresi pasca melahirkan dan kecemasan terkait perkembangan anak. Mereka juga mungkin merasa tertekan oleh tuntutan sosial dan ekonomi.

Halodoc Sebagai Solusi Kesehatan Mental untuk Masyarakat

Halodoc Sebagai Solusi Kesehatan Mental untuk Masyarakat
Foto: Unsplash/Verne Ho

Halodoc menawarkan layanan konsultasi kesehatan mental yang selalu tersedia setiap waktu. Melalui layanan ini, Halodoc berkomitmen mendukung masyarakat dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya tindakan preventif terhadap kesehatan mental. Pengguna dapat memanfaatkan berbagai fitur, seperti chat, terapi suara, dan video call. Selain itu, terdapat pula fitur untuk melakukan skrining seperti Tes Kecemasan dan Tes Depresi untuk mengevaluasi tingkat stres dan kecemasan, memungkinkan tindakan lanjutan dengan para ahli.

Rekomendasi untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

  • Rutin berolahraga.
  • Konsumsi makanan yang sehat.
  • Ucapkan afirmasi positif kepada diri sendiri dan catat hal-hal yang bersyukur Anda miliki.
  • Pastikan istirahat cukup dan tidur dengan baik.
  • Atur prioritas dan fokuslah pada satu tugas dalam satu waktu.
  • Jadi pribadi yang terbuka dengan orang lain.
  • Lakukan skrining dan konseling sebagai langkah deteksi dini.

“Memahami gejala kesehatan mental dan pentingnya deteksi dini adalah hal krusial,” ujar dr. Monica. “Penanganan tepat waktu oleh profesional seperti psikolog atau psikiater dapat membantu individu menangani masalahnya dengan lebih efektif, menghindari gangguan kesehatan mental yang lebih parah. Halodoc terus berupaya mendukung kesehatan masyarakat Indonesia melalui berbagai inovasi layanan. Dalam hal kesehatan mental, kami menawarkan akses mudah melalui fitur khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Kami yakin bahwa kesehatan mental adalah kunci untuk masyarakat Indonesia yang lebih sehat.”

Related posts