7 Langkah Perawatan Kulit di Usia 20-an

7 Langkah Perawatan Kulit di Usia 20-an
Promo Shopee Terbaru

Memasuki usia 20-an merupakan momen yang tepat untuk memulai rutinitas perawatan kulit yang lebih teratur. Pada usia ini, kulit mulai meninggalkan masalah jerawat remaja dan berpotensi menghadapi tantangan baru seperti mempertahankan kelembaban dan kilau alami kulit.

Karena itu, menjaga kesehatan kulit di usia ini sangat penting. Berikut adalah langkah-langkah perawatan wajah yang direkomendasikan untuk Anda yang berada di usia 20-an:

1. Pembersihan Kulit dengan Tepat

Pembersihan Kulit dengan Tepat
Foto: Unsplash/Kalos Skincare

Pembersihan wajah adalah langkah awal dan fundamental dalam rutinitas perawatan kulit. Setiap kali pulang kerja, bangun tidur, atau sebelum tidur, pastikan wajah dibersihkan dari sisa makeup, tabir surya, debu, dan kotoran lainnya. Sebaiknya gunakan pembersih berbahan lembut seperti milk cleanser yang cocok untuk berbagai tipe kulit, lalu lanjutkan dengan facial wash. Lakukan pembersihan dengan gerakan melingkar, lalu bilas dengan air suhu ruangan dan tepuk wajah dengan handuk yang lembut.

2. Pentingnya Menghidrasi Kulit

Setelah membersihkan wajah, kulit mungkin akan merasa kering. Mengaplikasikan pelembap merupakan langkah yang tak boleh dilewatkan. Pilih pelembap yang bebas minyak, yang baik untuk kulit berminyak maupun kering. Menjaga kelembaban kulit adalah kunci untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus dan kerutan.

3. Selalu Gunakan Pelindung Sinar Matahari

Paparan sinar matahari atau sinar dari gadget dapat merusak kulit. Sebagai langkah pencegahan, aplikasikan sunscreen atau pilih produk kecantikan dengan kandungan SPF.

4. Rutin Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi membantu mengangkat sel kulit mati dan komedo. Lakukan proses ini satu atau dua kali seminggu untuk memastikan kulit tetap lembut dan bercahaya.

5. Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan
Foto: Unsplash/Kimia Zarifi

Antioksidan bermanfaat untuk kulit karena dapat menetralkan efek radikal bebas, mencegah penuaan dini, dan melindungi dari dampak buruk polusi serta sinar UV. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi makanan seperti beri, bayam, brokoli, ikan air tawar, dan teh hijau. Saat ini juga banyak produk perawatan kulit dengan kandungan antioksidan.

6. Jaga Area Sekitar Mata

Kulit di sekitar mata lebih tipis dibandingkan dengan area lainnya dan rentan terhadap tanda penuaan seperti kerutan. Untuk menjaganya, gunakan krim mata khusus yang tidak hanya mengurangi pembengkakan tapi juga membuat area mata terlihat lebih muda.

7. Hindari Tidur Sambil Mengenakan Riasan

Walaupun mungkin terasa melelahkan setelah seharian beraktivitas, jangan biarkan riasan menempel di wajah saat tidur karena dapat menyumbat pori-pori dan memicu jerawat. Oleh itu, selalu pastikan untuk membersihkan wajah sebelum beristirahat, tak peduli seberapa lelahnya Anda.

Dengan menjalani rutinitas 7 langkah ini, Anda akan merasa lebih siap menghadapi usia 30-an dengan kulit yang tetap sehat dan bercahaya. Nikmati masa-masa di usia 20-an dengan perawatan kulit yang tepat.

Related posts