8 Tips Menghindari Oksidasi Saat Menggunakan Makeup

8 Tips Menghindari Oksidasi Saat Menggunakan Makeup
Promo Shopee Terbaru

Pernahkah kamu mengalami kejadian dimana makeup di wajahmu tampak sempurna di pagi hari, namun menjelang siang tampilannya berubah menjadi lebih gelap dan kusam? Fenomena ini biasa disebut oksidasi. Produk dasar makeup seperti cushion dan foundation dapat memicu terjadinya perubahan warna ini. Bukannya tampak cantik, wajah malah terlihat abu-abu seiring berjalannya waktu.

Berdasarkan sumber dari Byrdie, oksidasi kimia terjadi ketika bahan makeup berinteraksi dengan molekul oksigen, menghasilkan perubahan warna dan tekstur. Beberapa hal yang bisa mempengaruhi termasuk tekstur kulit, kadar minyak di wajah, pH kulit, dan kelembapan udara. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang dapat ditempuh untuk mencegah oksidasi makeup. Berikut diantaranya, yang telah dirangkum dari sumber Byrdie dan Claire Talks Beauty:

1. Aplikasikan Primer

Aplikasikan Primer
Foto: Unsplash/Johan Mouchet

Primer berfungsi sebagai penghalang antara kulit dan foundation, mengurangi potensi oksidasi. Sebelum memulai riasan, aplikasikan primer terutama sebelum foundation. Ini akan membantu menyerap kelebihan minyak dan memberikan dasar makeup yang lebih baik. Langkah ini juga dapat meningkatkan daya tahan makeup sehingga hasilnya lebih sempurna.

2. Selalu Gunakan Toner

Perawatan kulit sebelum makeup sangat krusial. Salah satu langkah yang bisa kamu lakukan adalah mengaplikasikan toner sebelum pelembab. Toner dapat menyerap kelebihan minyak dan menyeimbangkan pH kulit. Bagi mereka dengan kulit berminyak, toner sangat membantu dalam mengontrol minyak sebelum mengaplikasikan makeup, sehingga warna foundation tetap stabil.

3. Optimalisasi Skincare Berbasis Air

Pilihan produk perawatan kulit sangat menentukan kualitas kulitmu dalam jangka panjang. Sebaiknya, prioritaskan produk skincare dengan formula berbasis air atau yang mengandung bahan alami. Kurangi penggunaan produk yang kaya akan kandungan minyak agar kulit tetap terhidrasi dengan baik. Semakin kamu meminimalisir produk berbasis minyak, potensi perubahan warna pada foundation pun akan berkurang.

4. Selesaikan dengan Setting Spray atau Setting Powder

Langkah penting lain untuk mengurangi oksidasi adalah dengan memanfaatkan setting spray atau setting powder. Dengan semprotan ringan dari setting spray, kamu bisa mengendalikan reaksi antara pigmen dengan makeup. Setting powder akan membantu menjaga makeup agar bertahan lebih lama dan memastikannya tetap pada tempatnya. Namun, gunakan dengan bijak agar tidak membuat tampilan makeup berlebihan atau cakey. Meskipun setting spray terkesan lebih mudah dan tahan lama, pilihlah antara keduanya berdasarkan preferensi dan kebutuhanmu.

5. Pilih Foundation yang Tepat

Pilih Foundation yang Tepat
Foto: Unsplash/Chalo Garcia

Memilih foundation yang cocok untuk jenis dan warna kulitmu sangat penting untuk menghindari oksidasi. Carilah formula foundation yang tahan lama dan dirancang khusus untuk resistensi oksidasi. Selain itu, bila kamu memiliki kulit berminyak, pertimbangkan untuk menggunakan foundation matte yang dapat membantu mengendalikan produksi minyak.

6. Rutin Membersihkan Kulit

Membersihkan kulit secara rutin, terutama sebelum dan sesudah penggunaan makeup, dapat membantu menghindari penumpukan minyak dan kotoran yang bisa memicu oksidasi. Gunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulitmu dan pastikan seluruh sisa makeup telah bersih sebelum tidur.

7. Hindari Paparan Matahari Berlebihan

Matahari dapat mempercepat proses oksidasi pada makeup. Oleh karena itu, selalu gunakan tabir surya ketika beraktivitas di luar ruangan dan hindari paparan sinar matahari langsung, terutama pada saat matahari sedang terik-teriknya.

8. Lakukan Tes Produk

Sebelum membeli produk makeup, khususnya foundation, lakukan tes terlebih dahulu. Aplikasikan sedikit produk di bagian dalam pergelangan tangan atau rahang bawah dan biarkan selama beberapa jam untuk melihat apakah terjadi perubahan warna akibat oksidasi.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu dapat meningkatkan tampilan makeupmu dan menghindari efek oksidasi yang tidak diinginkan. Selalu ingat untuk mendengarkan kulitmu, mengetahui apa yang terbaik untuknya, dan melakukan perubahan rutin bila diperlukan. Semoga tips ini dapat membantumu untuk selalu tampil percaya diri dengan makeup!

Related posts