10 Penyebab Fashion Gaya Korea Mendominasi di Indonesia

10 Penyebab Fashion Gaya Korea Mendominasi di Indonesia
Promo Shopee Terbaru

Jika Anda sering berselancar di media sosial atau e-commerce, pasti Anda menyadari bagaimana trend fashion Korea merebak dan digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari generasi muda hingga dewasa di Indonesia. Popularitas K-Pop dan K-Drama, tanpa diragukan lagi, memberikan kontribusi besar terhadap fenomena ini.

Pengaruh Korea sangat kental terasa, dari outfit sehari-hari hingga aksesori, semuanya dirancang untuk meniru gaya para bintang Korea. Lantas, apa yang membuat fashion Korea begitu diterima dengan hangat di Indonesia? Mari kita ulas lima faktornya.

1. Karakteristik Khas yang Membedakannya

Fashion Korea memberikan nuansa yang berbeda dibandingkan dengan fashion dari Barat atau bahkan Asia Tenggara lainnya. Adanya perpaduan antara gaya jalanan yang santai dengan nuansa feminin yang mewah memberi karakter khas pada fashion Korea. Selain itu, paduan warna yang menyenangkan dan harmonis, bahkan saat menggunakan warna yang berbeda jauh, jika dikombinasikan dengan benar akan selalu terlihat menawan.

2. Kesukaan Generasi Muda

Kesukaan Generasi Muda
Foto: Unsplash/Brooke Cagle

Berhubung fashion Korea erat kaitannya dengan K-Pop dan K-Drama, maka alami jika tren ini laris manis di kalangan generasi muda. Banyak penggemar K-Pop dan K-Drama yang terpukau oleh gaya busana idolanya dan memutuskan untuk mengintegrasikannya ke dalam gaya mereka sehari-hari.

Kecintaan generasi muda terhadap fashion ini juga mempengaruhi kesadaran mereka terhadap tren busana, membuat mereka terlihat lebih matang dan modern dibandingkan generasi sebelumnya di usia yang sama.

3. Tersedia Luas di Pasar

Tak sulit mencari produk fashion bergaya Korea di Indonesia, baik itu di pusat belanja fisik maupun toko daring. Ketenaran K-Pop dan K-Drama di tanah air menjadi pendorong semakin banyaknya toko yang menawarkan ragam produk fashion Korea.

Melihat kesempatan ini, banyak pemilik bisnis fashion memastikan produk asal Korea ada di stok mereka mengingat besarnya minat masyarakat. Oleh karena itu, keberadaan produk fashion Korea di pasaran senantiasa dijaga agar selalu tersedia sesuai tren yang berkembang.

4. Sesuai dengan Iklim Indonesia

Beberapa tren fashion Korea, seperti baju ukuran besar, celana pendek, dan atasan lengan pendek, sangat sesuai dengan kondisi iklim tropis di Indonesia. Kemudahan dan kenyamanan berbusana ala Korea menjadi alasan banyaknya peminat dari berbagai lapisan masyarakat.

Meskipun demikian, pakaian berlengan panjang atau celana panjang pun masih banyak diminati. Yang terpenting adalah memilih bahan yang sesuai sehingga tetap nyaman dikenakan meskipun dalam kondisi cuaca panas.

5. Terjangkau untuk Berbagai Kalangan

Meski ada sejumlah brand fashion Korea yang premium, banyak juga opsi yang menawarkan harga yang lebih terjangkau. Keterjangkauan ini menjadikan fashion Korea lebih mudah diakses dan diterima oleh beragam kalangan masyarakat.

Bahwa ada yang ingin tampil serupa dengan idolanya namun terkendala anggaran, solusinya adalah mencari alternatif yang harganya lebih ekonomis, meski tentu dengan kualitas yang mungkin berbeda.

6. Kualitas Produk yang Baik

Banyak produk fashion Korea dikenal memiliki kualitas yang baik, mulai dari pemilihan bahan, detail jahitan, hingga desain yang menarik. Hal ini memberikan keyakinan bagi konsumen bahwa mereka mendapatkan produk yang tahan lama dan berharga setimpal dengan uang yang dikeluarkan.

7. Beragam Pilihan

Beragam Pilihan
Foto: Unsplash/Dom Hill

Salah satu keunggulan fashion Korea adalah variasinya yang sangat luas. Baik itu untuk acara formal, semi-formal, atau kasual, selalu ada pilihan yang sesuai dengan kebutuhan dan selera. Ini memungkinkan setiap individu untuk mengekspresikan diri melalui gaya berpakaiannya.

8. Pengaruh Budaya Populer

Bukan hanya K-Pop dan K-Drama, tapi juga berbagai acara realitas, variety show, dan acara lainnya dari Korea turut mempengaruhi tren fashion di Indonesia. Gaya berpakaian artis-artis yang muncul di berbagai program televisi tersebut sering menjadi inspirasi bagi penonton di rumah.

9. Adaptasi dengan Budaya Lokal

Walaupun berakar dari Korea, banyak tren fashion Korea yang dengan mudah beradaptasi dengan budaya lokal Indonesia. Ini memungkinkan penciptaan gaya campuran antara Korea dan Indonesia, memberikan sentuhan unik dan menarik bagi peminat fashion.

10. Kemudahan dalam Mix and Match

Produk fashion Korea seringkali dirancang dengan kesederhanaan yang memungkinkan pengguna untuk mencampur dan mencocokkan dengan produk lainnya. Hal ini memudahkan konsumen untuk menciptakan tampilan yang berbeda dengan item yang sama.

Inilah alasan tambahan yang menjelaskan popularitas fashion Korea di Indonesia. Tentu saja, setiap individu memiliki alasan dan preferensinya sendiri dalam memilih gaya. Namun, yang terpenting adalah merasa nyaman dan percaya diri dengan apa yang dikenakan, baik itu produk dari Korea, produk lokal, atau kombinasi keduanya.

Related posts