16 Keuntungan Menggunakan Kartu Debit Dibandingkan Kartu Kredit

Menggunakan Kartu Debit
Promo Shopee Terbaru

Temukan berbagai keuntungan menggunakan kartu debit dibandingkan kartu kredit untuk pengelolaan keuangan yang lebih bijak dan efisien.

Dalam dunia perbankan modern, kartu debit dan kartu kredit merupakan dua alat pembayaran elektronik yang sangat populer. Keduanya menawarkan kemudahan dan fleksibilitas dalam bertransaksi, baik secara offline maupun online.

Namun, meskipun fungsinya serupa, ada perbedaan mendasar antara kedua jenis kartu ini yang membuat beberapa orang lebih memilih untuk menggunakan kartu debit. Berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan kartu debit dibandingkan dengan kartu kredit.

1. Pengelolaan Keuangan yang Lebih Baik

Salah satu keuntungan terbesar dari menggunakan kartu debit adalah kemampuannya dalam membantu pengguna mengelola keuangan dengan lebih baik.

Read More

Kartu debit terhubung langsung ke rekening bank Anda, yang berarti pengeluaran yang Anda lakukan langsung terpotong dari saldo yang ada. Ini secara otomatis membatasi Anda untuk tidak menghabiskan lebih dari yang Anda miliki, mengurangi risiko terjerumus ke dalam hutang.

2. Tidak Ada Hutang yang Menumpuk

Tidak Ada Hutang yang Menumpuk
Foto: Envato Elements/Yuri Arcurs People Images

Berbeda dengan kartu kredit yang memungkinkan Anda ‘meminjam’ uang dari bank untuk dibayarkan belakangan, kartu debit menghilangkan konsep hutang tersebut. Setiap transaksi yang dilakukan dengan kartu debit merupakan pengeluaran langsung dari uang Anda sendiri.

Hal ini sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin menjauh dari jerat bunga kartu kredit dan potensi akumulasi hutang yang bisa tumbuh secara signifikan.

3. Biaya Lebih Rendah

Secara umum, kartu debit memiliki biaya tahunan yang lebih rendah dibandingkan dengan kartu kredit. Banyak bank menawarkan kartu debit tanpa biaya tahunan, sementara kartu kredit sering kali membebankan biaya tahunan yang tidak sedikit.

Selain itu, penggunaan kartu debit juga cenderung menghindari biaya bunga yang tinggi yang sering kali dikenakan pada saldo kartu kredit.

Baca Juga:  Tips Agar Uang THR Anda Enggak Cepat Ludes

4. Transaksi yang Aman

Meskipun kartu kredit sering dipuji karena fitur keamanannya, kartu debit saat ini juga menawarkan tingkat keamanan yang tinggi.

Dengan adanya teknologi chip dan PIN, serta fitur keamanan lain seperti verifikasi dua faktor dan notifikasi SMS untuk setiap transaksi, penggunaan kartu debit menjadi semakin aman dari penipuan.

5. Lebih Mudah Diterima

Kartu debit diterima di hampir semua merchant yang memiliki mesin EDC (Electronic Data Capture), termasuk di banyak negara di seluruh dunia.

Ini membuat kartu debit sangat praktis untuk digunakan dalam berbagai transaksi sehari-hari, tanpa perlu khawatir tentang persetujuan kredit atau limit kredit.

6. Mudah untuk Mendapatkan Kartu

Proses pengajuan kartu debit biasanya lebih mudah dan lebih cepat dibandingkan dengan kartu kredit. Bank cenderung lebih bersedia mengeluarkan kartu debit karena tidak mengandung risiko kredit yang sama seperti kartu kredit.

Hal ini membuat kartu debit menjadi pilihan yang lebih mudah diakses oleh berbagai kalangan, termasuk bagi mereka yang baru memulai kehidupan keuangan mereka.

7. Tidak Ada Tarif Overlimit

Salah satu masalah dengan kartu kredit adalah biaya overlimit yang bisa terjadi jika Anda menghabiskan lebih dari batas kredit Anda.

Dengan kartu debit, Anda tidak akan menghadapi masalah tersebut karena Anda hanya bisa menghabiskan sesuai dengan jumlah uang yang ada di rekening Anda.

8. Kesederhanaan dan Kepastian

Kartu debit menawarkan kesederhanaan dan kepastian dalam pengelolaan keuangan. Anda dapat dengan mudah memantau saldo dan transaksi melalui aplikasi mobile banking, memungkinkan Anda untuk selalu up-to-date dengan keadaan keuangan Anda. Ini juga memudahkan dalam perencanaan anggaran dan pengeluaran.

Baca Juga:  Cara Mudah Memahami Perbedaan Kartu Debit & Kartu Kredit

9. Mendukung Gaya Hidup Minimalis

Bagi beberapa orang, menggunakan kartu debit dapat menjadi bagian dari gaya hidup minimalis.

Dengan menghindari kemungkinan membeli barang secara impulsif yang sering dikaitkan dengan kartu kredit, kartu debit membantu menjaga gaya hidup yang lebih terkendali dan terfokus pada kebutuhan daripada keinginan.

10. Pengurangan Risiko Kredit

Salah satu keuntungan besar menggunakan kartu debit adalah mengurangi risiko kredit. Penggunaan kartu debit tidak mempengaruhi skor kredit Anda karena tidak terlibat dalam pinjaman uang.

Ini sangat berguna bagi mereka yang mungkin kesulitan mengelola hutang atau yang ingin menjaga atau memperbaiki skor kredit mereka.

Dengan kartu debit, Anda bebas dari kekhawatiran mengenai dampak penggunaan kartu terhadap kemampuan Anda untuk mengajukan kredit di masa depan.

11. Ideal untuk Transaksi Internasional

Ideal untuk Transaksi Internasional
Foto: Envato Elements/Space Oak

Walaupun kartu kredit sering kali dipilih untuk transaksi internasional karena alasan keamanan dan kenyamanan, banyak bank kini menawarkan kartu debit dengan fitur serupa yang juga cocok untuk digunakan di luar negeri.

Beberapa kartu debit bahkan menawarkan tarif rendah pada transaksi valuta asing dan penarikan uang tunai internasional, membuatnya ideal untuk para pelancong yang mencari alternatif ekonomis terhadap kartu kredit.

12. Menghindari Pembelian Impulsif

Kemudahan penggunaan kartu kredit sering kali dapat memicu pembelian impulsif, karena tidak memerlukan pembayaran dana langsung. Di sisi lain, kartu debit, dengan keterbatasan langsung pada dana yang tersedia, dapat membantu mengurangi kebiasaan belanja impulsif.

Ini mendorong lebih banyak pertimbangan dan pemikiran sebelum melakukan pembelian, yang dapat membantu dalam pengelolaan anggaran yang lebih efektif.

13. Kejelasan Transaksi Real-Time

Kartu debit menyediakan informasi transaksi real-time yang membantu Anda mengikuti aliran kas Anda dengan lebih akurat.

Baca Juga:  Tips Agar Uang THR Anda Enggak Cepat Ludes

Setiap kali Anda menggunakan kartu debit, transaksi langsung tercatat di rekening bank Anda, memungkinkan Anda untuk melihat saldo terkini secara langsung.

Ini berbeda dengan kartu kredit, di mana transaksi mungkin memakan waktu beberapa hari untuk dicerminkan pada rekening Anda.

14. Cocok untuk Semua Usia

Kartu debit adalah alat yang sangat baik untuk mengajar anak-anak dan remaja tentang manajemen uang.

Karena hanya memungkinkan pengeluaran dana yang tersedia, ia mengajarkan nilai penting dari pengeluaran dalam batas dan bisa menjadi alat pendidikan keuangan yang berharga dari usia muda.

15. Kemudahan Akses ke Layanan Tunai

Kartu debit memungkinkan akses mudah ke uang tunai. Hampir semua ATM akan menerima kartu debit, memberikan kenyamanan untuk menarik tunai kapan saja yang Anda butuhkan.

Hal ini terutama berguna dalam situasi darurat atau ketika bertransaksi di tempat yang tidak menerima pembayaran kartu.

16. Manfaat Tambahan

Beberapa kartu debit kini juga menawarkan manfaat tambahan seperti cashback, poin rewards, dan diskon di merchant tertentu, yang dulunya hanya dikaitkan dengan kartu kredit.

Meskipun mungkin tidak sebanyak kartu kredit, manfaat ini menambah nilai lebih untuk penggunaan kartu debit.

Dalam menimbang pilihan antara kartu debit dan kartu kredit, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan kebiasaan finansial Anda.

Meskipun kartu kredit menawarkan keuntungan dalam hal kredit dan kemungkinan manfaat lainnya, kartu debit menonjol sebagai alat yang mempromosikan disiplin keuangan dan pengelolaan dana yang bertanggung jawab.

Dengan keuntungan seperti pengelolaan uang yang lebih baik, pengurangan risiko kredit, dan promosi kebiasaan belanja yang lebih sadar, kartu debit layak dipertimbangkan sebagai komponen utama dalam strategi keuangan Anda.

Related posts