Inilah Makna Dibalik Keindahan Batik Mega Mendung

Inilah Makna Dibalik Keindahan Batik Mega Mendung
Promo Shopee Terbaru

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan batik Mega Mendung. Ya, motif batik dengan pola-pola awan ini memang paling banyak dikenal dan sering banget ditemuin. Ternyata motif yang berasal dari Cirebon ini, memiliki sebuah makna dan filosofi yang sangat mendalam lho!

Secara bahasa, Mega Mendung berasal dari kata Mega yang berarti awan dan Mendung yang merupakan kondisi cuaca ketika akan turun hujan. Motif Mega Mendung memiliki gradasi warna dasar merah dan juga warna biru yang menggambarkan awan.

Motif dari batik Mega Mendung memiliki makna bahwa setap manusia harus mampu meredam emosi atau amarahnya dalam situasi dan kondisi apapun. Seperti yang digambarkan lewat awan yang muncul ketika cuaca akan turun hujan sehingga dapat menyejukkan suasana di sekitarnya.

Warna batik Mega Mendung juga memiliki arti tersendiri. Yaitu sebagai lambang dari seorang pemimpin yang harus mengayomi masyarakat yang dipimpimnya. Warna dari motif batik Mega Mendung sendiri biasanya terdiri dari tujuh gradasi.

Tak hanya bagi pemakainya saja, ternyata makna dibalik motif Mega Mendung juga berlaku untuk pengrajin yang membuatnya agar bisa bersabar, tak emosi, dan telaten dalam membatik.

Nah, Anda sekarang sudah tahu kan kalau ternyata batik Mega Mendung punya makna yang mendalam. Jadi semakin bangga deh memakai batik dalam setiap kesempatan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *