10 Tips Perawatan Kulit untuk Remaja Agar Tampil Bercahaya

10 Tips Perawatan Kulit untuk Remaja Agar Tampil Bercahaya
Promo Shopee Terbaru

Kulit yang bercahaya menandakan kondisi kulit yang sehat. Akan tetapi, beberapa hal seperti kekurangan tidur, tekanan, faktor usia, dan pola makan bisa mengurangi kecerahan kulit tersebut.

Tapi tenang, berikut ini adalah beberapa saran perawatan kulit yang dapat mengubah kulitmu yang tampak lelah menjadi lebih bersinar. Yuk, simak apa saja penjelasannya:

1. Rutin Bersihkan Wajah

Langkah pertama untuk mendapatkan kulit yang bercahaya adalah dengan menjaga kebersihan wajah. Pastikan untuk membersihkannya dengan baik agar kotoran, minyak berlebih, dan polutan yang berpotensi menyumbat pori-pori dan membuat kulit tampak kusam dapat dihilangkan.

2. Lakukan Eksfoliasi

Lakukan Eksfoliasi
Foto: Unsplash/Engin Akyurt

Eksfoliasi adalah salah satu metode ampuh untuk menyegarkan dan memperbaiki tekstur kulit. Melalui eksfoliasi, kita bisa mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di permukaan, sehingga kulit menjadi lebih lembut dan bersih. Untuk eksfoliasi jenis fisik seperti penggunaan scrub, sebaiknya dilakukan 2 hingga 3 kali seminggu. Sementara untuk eksfoliasi kimiawi, cukup lakukan sekali dalam seminggu.

3. Jaga kelembapan dan berikan perlindungan

Kulit yang bercahaya seringkali adalah hasil dari perawatan yang rutin memakai pelembap. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak lebih segar dan memiliki kemampuan refleksi cahaya yang lebih baik. Jangan lupa pula untuk melindungi kulit dengan penggunaan tabir surya, terutama setelah eksfoliasi, karena kulit menjadi lebih sensitif terhadap dampak buruk sinar UV.

4. Pilih Kandungan yang Dapat Neningkatkan Kecerahan Kulit

Vitamin C dikenal sebagai antioksidan yang bisa meningkatkan kecerahan kulit dengan menghambat enzim pembuat pigmen. Sedangkan Niacinamide, yang merupakan bagian dari kelompok vitamin B3, berfungsi untuk mengendalikan produksi pigmen sehingga dapat mengurangi bintik gelap. Menggunakan produk dengan kandungan tersebut secara konsisten dapat meningkatkan kecerahan kulit secara bertahap.

5. Pastikan Kulit Selalu Terhidrasi

Kulit yang terdehidrasi cenderung tampak lesu dan bisa menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus. Untuk menjaga kulit tetap lembap, gunakan pelembap tiap pagi dan malam. Sebagai aturan umum, lotion dan krim lebih efektif dalam melembapkan dibandingkan minyak, serum, atau jenis perawatan kulit lainnya. Produk tersebut diciptakan untuk memberikan hidrasi pada lapisan terluar kulit dan menahan kelembapannya.

6. Pilih Makanan yang Sehat

Makanan yang kamu makan mempengaruhi kualitas kulitmu. Prioritaskan asupan makanan kaya antioksidan, vitamin, dan mineral seperti buah, sayur, kacang, dan ikan. Zat gizi ini dapat membantu meningkatkan ketahanan kulit dan memberinya kilau alami.

7. Jaga Asupan Air Harian

Jaga Asupan Air Harian
Foto: Pexels/Cottonbro Studio

Konsumsi air yang cukup esensial untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dari dalam. Disarankan untuk mengonsumsi sekitar 8 gelas air setiap harinya agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.

8. Kelola Stres dengan Baik

Stres dapat meningkatkan produksi sebum dan berpotensi menyebabkan kulit menjadi berminyak serta timbulnya jerawat. Cobalah metode relaksasi, seperti meditasi, yoga, atau kegiatan fisik lainnya untuk mengurangi stres dan memperbaiki kualitas tidurmu.

9. Gunakan Produk yang Cocok Dengan Tipe Kulitmu

Tidak semua orang memiliki tipe kulit yang sama. Oleh karena itu, gunakan produk skincare yang sesuai dengan tipe dan kebutuhan kulitmu. Contohnya, mereka dengan kulit cenderung berminyak mungkin lebih cocok dengan produk berbasis gel, sementara kulit kering mungkin memerlukan krim pelembap yang lebih kaya.

10. Lakukan Perawatan Wajah Secara Berkala

Kunjungi klinik kecantikan atau dermatologis untuk mendapatkan saran dan perawatan yang sesuai dengan kondisi kulitmu. Perawatan seperti facial atau mikrodermabrasi bisa membantu menghilangkan sel kulit mati dan meremajakan kulit.

Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, kulit wajahmu akan mendapatkan perawatan maksimal dan memiliki kilau yang bercahaya. Ingatlah bahwa konsistensi adalah kunci untuk mendapatkan kulit yang sehat dan glowing.

Related posts