7 Kebiasaan yang Wajib Anda Hindari Agar Tetap Awet Muda

7 Lifestyle Ini Mesti Dijauhi untuk Pertahankan Kecantikan Kulit
Promo Shopee Terbaru

Seiring bertambahnya usia, kita semestinya menjalani pola hidup tertentu agar tampilan kulit terjaga kesegarannya. Memelihara kulit awet muda tak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh kesabaran, konsistensi, dan perubahan pola hidup untuk meraihnya.

Banyak di antara kita mungkin tanpa sadar mengesampingkan sejumlah kebiasaan yang penting bagi kesehatan kulit. Lalu, kebiasaan apa sajakah yang sebaiknya kita hindari untuk menjaga kulit tetap awet muda?

Berikut ringkasan dari healthshot mengenai beberapa kebiasaan yang perlu diubah demi menjaga kecantikan kulit:

1. Mengesampingkan Pentingnya Pelembab

Mengesampingkan Pentingnya Pelembab
Foto: Pexels/Sora Shimazaki

Kesibukan seringkali menjadi alasan mengapa banyak orang melupakan langkah penting perawatan kulit seperti penggunaan pelembab. Di pagi hari, kamu mungkin terburu-buru sehingga melewatkannya, sementara di malam hari rasa lelah mungkin menghalangimu. Namun, luangkanlah waktu sejenak untuk memastikan kulitmu tetap terhidrasi. Pelembab memiliki peran vital dalam menjaga lapisan perlindungan kulit agar tetap prima.

2. Abaikan Pentingnya Menghilangkan Makeup Sebelum Beristirahat

Setelah sehari penuh beraktivitas, wajahmu pasti telah terpapar berbagai kotoran dan polutan. Oleh karena itu, membersihkan makeup sebelum tidur merupakan langkah krusial. Bila kamu mengabaikannya, risiko tersumbatnya pori-pori dan timbulnya jerawat meningkat, yang pada akhirnya membuat kulit wajah tampak kurang segar.

3. Eksfoliasi Berlebihan

Meski eksfoliasi bermanfaat untuk regenerasi kulit, melakukannya terlalu sering justru bisa berdampak negatif. Eksfoliasi berlebih dapat mengganggu keseimbangan kulit dan berpotensi menimbulkan pigmentasi dalam jangka panjang. Sebaiknya, lakukan eksfoliasi satu hingga dua kali seminggu sesuai dengan tipe kulitmu.

4. Mengonsumsi Terlalu Banyak Gula

Semua yang berlebihan biasanya tak baik, termasuk dalam konsumsi gula. Mengatur asupan gula dari makanan atau minuman manis menjadi penting. Molekul gula dapat memicu glikasi kolagen, mempercepat penurunan produksi kolagen.

Baca Juga:  8 Tips Menghindari Oksidasi Saat Menggunakan Makeup

5. Kekurangan Asupan Cairan

Kekurangan Asupan Cairan
Foto: Pixabay/Futurials

Dehidrasi bukan hanya mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga kualitas kulit kita. Kulit yang kekurangan cairan cenderung kering dan kurang elastis. Pastikan untuk mengonsumsi air dalam jumlah cukup agar kulit tetap terhidrasi, elastis, dan segar.

6. Tidur yang Tidak Cukup

Meski tampak sepele, kurang tidur dapat berdampak besar pada kesehatan dan penampilan. Kurangnya waktu istirahat bisa menyebabkan wajah tampak lelah dan pucat. Konsistensi tidur yang baik esensial untuk mencegah penuaan dini.

7. Sedikit Aktivitas Fisik

Banyak orang mungkin merasa nyaman berlama-lama duduk tanpa banyak bergerak. Namun, untuk menjaga kesehatan, kita perlu aktif bergerak dan berolahraga. Walau awalnya terasa sulit, rutinitas olahraga, sekalipun ringan, sangat bermanfaat. Ini meningkatkan sirkulasi darah, membuat kulit lebih berseri dan segar.

Kesimpulannya, untuk mendapatkan kulit dan tubuh yang sehat dan awet muda, perlu kedisiplinan dalam menjalani pola hidup sehat. Sebuah komitmen pada diri sendiri untuk menjaga kesehatan dengan baik.

Related posts