10 Trik Kecantikan Alami Tanpa Bahan Kimia

Panduan Perawatan Kulit di Era Cuaca Ekstrem untuk Keindahan Kulit Secara Alami
Promo Shopee Terbaru

Banyak wanita berupaya tampil mempesona, baik dengan mendatangi salon, klinik estetika, atau memanfaatkan bahan-bahan alami. Menggunakan bahan alami, tentu lebih aman daripada mengandalkan produk berbahan kimia. Terdapat beragam cara alami yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

Berdasarkan informasi dari laman thankyourbody, berikut 6 cara alami untuk meningkatkan kecantikan Anda:

1. Nutrisi Rambut dengan Pisang dan Telur

Nutrisi Rambut dengan Pisang dan Telur
Foto: Unsplash/Curology

Ingin rambut lebih berkilau? Cukup campurkan telur dengan pisang yang telah dihancurkan hingga halus. Aplikasikan ke rambut seperti memakai masker rambut, lalu biarkan selama 10-30 menit. Setelah itu, bilas rambut seperti biasa. Hasilnya akan membuat Anda terkejut!

2. Pelembab Alami untuk Kuku

Cukup celupkan kuku Anda ke dalam minyak zaitun selama 5 menit. Biarkan sejenak dan Anda akan melihat kuku Anda tampak lebih indah.

Read More

3. Masker Madu untuk Wajah

Madu dikenal memiliki sifat antibakteri dan bisa dengan cepat melembapkan kulit. Sekali seminggu, gunakan satu sendok makan madu murni (pastikan bukan madu olahan) dan hangatkan dengan mengusapkannya dengan jari. Oleskan secara merata ke wajah Anda, diamkan selama 5-10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Kulit Anda akan terasa lebih halus dan segar.

4. Sampo Alami dari Cuka Apel

Bagi Anda yang kerap menggunakan sampo berbahan kimia, cobalah sampo alami dari cuka apel. Campurkan satu gelas cuka apel organik dengan satu gelas air. Gunakan campuran ini sebagai kondisioner setelah keramas.

5. Perawatan dan Pencerah Kulit untuk Siku dan Lutut

Ambil setengah buah jeruk dan gosokkan pada siku dan lutut Anda. Metode ini akan menjadikan area tersebut menjadi lebih halus dan cerah.

Baca Juga:  7 Langkah Perawatan Kulit di Usia 20-an

6. Lulur Alami untuk Tubuh

Buat lulur alami dengan menggabungkan dua bagian minyak zaitun dan satu bagian garam laut. Lulur ini efektif mengangkat sel-sel kulit mati dan menjadikan kulit Anda lebih halus serta berkilau. Selain itu, menggunakan lulur ini tentunya lebih hemat dibandingkan membeli produk serupa di toko-toko mewah.

7. Pembersih Wajah Berasal dari Yogurt

Pembersih Wajah Berasal dari Yogurt
Foto: Pexels/Amar Preciado

Yogurt mengandung asam laktat yang bisa membantu mengelupas kulit wajah dengan lembut. Cukup oleskan yogurt alami tanpa tambahan di wajah Anda sebagai masker. Diamkan selama 10 menit sebelum membilas. Hasilnya, kulit Anda akan terasa lebih halus dan cerah.

8. Penyegar Bibir dari Gula dan Madu

Bibir yang kering dan pecah-pecah? Coba buat scrub alami dengan mencampurkan gula dan madu. Oleskan campuran ini pada bibir dan lakukan pijatan lembut untuk mengangkat sel kulit mati. Bilas dan rasakan bibir Anda menjadi lebih lembut.

9. Masker Mata dari Teh Celupan

Jika Anda memiliki mata yang lelah atau bengkak, teh celupan yang sudah dipakai bisa menjadi solusi. Rendam teh celupan dalam air hangat, lalu letakkan di atas mata Anda selama 5-10 menit. Kandungan antioksidan di teh akan membantu mengurangi pembengkakan dan memberi efek menenangkan.

10. Penguat Kuku dari Minyak Jarak

Minyak jarak dikenal sebagai bahan alami yang mampu menguatkan kuku. Cukup oleskan minyak jarak pada kuku Anda setiap malam sebelum tidur. Selain menguatkan, minyak ini juga dapat menjaga kuku Anda tetap berkilau.

Dengan memanfaatkan bahan-bahan alami ini, Anda tidak hanya mendapatkan manfaat kecantikan tetapi juga menjaga kesehatan kulit Anda dari bahan kimia yang mungkin berbahaya. Selamat mencoba!

Related posts