Mobil Masjid, Permudah untuk Cari Tempat Shalat

Mobil Masjid, Permudah untuk Cari Tempat Shalat
Promo Shopee Terbaru

Ketiadaan musala atau jauhnya lokasi tempat ibadah terkadang cukup menyulitkan pengunjung muslim saat hendak menjalankan salat lima waktu di lokasi pameran atau venue olahraga. Namun sekarang dengan adanya Mobil Masjid, pengunjung muslim bisa menjalankan salat di lokasi manapun.

Mobil Masjid merupakan fasilitas yang diluncurkan oleh Yayasan Masjid Nusantara, di mana sebuah mobil Mitsubishi Fuso disulap dan dimodifikasi menjadi sebuah masjid yang mobile dan dapat ditempatkan di lokasi manapun.

“Mobil Masjid ini merupakan salah satu fasilitas dari Yayasan Masjid Nusantara. Fasilitas ini fungsi awalnya untuk memudahkan sarana dan prasarana bagi muslim guna beribadah di lokasi-lokasi yang kurang memadai,” kata Manajer Program Yayasan Masjid Nusantara, Firman Muhamad kepada Gohitz di ICE-BSD City, Tangerang.

Dia juga menambahkan bahwa pengunjung muslim cukup kesulitan mencari tempat ibadah, terutama saat hendak menjalankan salat lima waktu di tempat event. Menurut Firman, Mobil Masjid ini muncul atas kekhawatiran bahwa Mobil Masjid belum terdapat di negara-negara Asia, khususnya di Indonesia.

Mobil Masjid yang baru diperkuat oleh dua armada tersebut, diharapkan dapat bertambah melalui sumbangan dari para donatur. Selain itu, armada Mobil Masjid di Indonesia juga bisa sama dengan masjid mobile di Jepang yang menghadirkan ruang masjid portabel lebih luas.

Firman juga mengatakan rencananya Mobil Masjid dari Yayasan Masjid Nusantara akan dikerahkan sebanyak dua armada ke lokasi penyelenggaraan Asian Games, yang akan digelar beberapa hari mendatang.

Mobil Masjid dari Yayasan Masjid Nusantara ini memiliki ruang salat yang terdapat di bagian tengah mobil. Selain itu mobil ini juga bisa menambah barisan shaf dengan menempatkan dua platform serta karpet salat di sisi kiri dan kanan mobil.

Mobil Masjid juga dilengkapi dengan lemari dan rak yang menyimpan mukena serta beragam perlengkapan salat lainnya. Selain itu masjid portabel ini juga memiliki fasilitas wudhu di bagian belakang mobil yang semakin mempermudah masyarakat untuk menjalankan salat lima waktu.

Related posts